Jumat, 30 Juni 2017

電話嫌い MEMBENCI TELEPON

電話嫌いと言われる人がいる。日本の作家、夏目漱石、アメリカの作家、マーク・トゥエイン、イギリスのHG・ウェルズなども電話が嫌いだったようだ。電話を発明したグラハム・ベルと作家マーク・トゥエインの間には面白いエピソードがある。
Beberapa orang mengatakan membenci telepon. Seperti Penulis Jepang, Soseki Natsume, Penulis Amerika, Mark Twain, serta juga H.G.Wells dari Inggris dari dahulu membenci telepon.
ベルは、彼が発明した電話をトゥエインにも利用してもらいたいと思ったが、トゥエインは電話が嫌い。聞きたくもない音を聞かされ、話したくもない時に、話したくもない人と話させられる。失礼な機会である。
Meskipun Bell telah mengajak Twain untuk menggunakan Telepon yang telah dia ciptakan, Twain tetap membenci telepon. Itu merupakan hal yang tidak sopan, ketika di suruh mendengarkan suara yang tidak ingin didengar, dan di suruh berbicara dengan orang yang tidak ingin berbicara, ketika tidak mood berbicara.
いくら断っても、しつこく進めるベルにはらを立って、トゥエインはある文を新聞に発表した。「ハートフォードの市民には、いつものとおり、全員にクリスマスカードを送るが、ベルにだけは絶対に送らない」と。
Twain marah terhadap Bell yang terus menerus bersi keras mempromosikan walaupun di tolak berkali-kali. dan Twain pun mengumumkannya di koran tentang peryataannya tersebut. Dia mengatakan "Warga Hartford seperti biasanya selalu mengirim kartu ucapan natal kepada semua orang, tetapi tidak sama sekali untuk Bell"
それから数日後、トゥエインが病気になって、寝ているところに、親せきの人が亡くなったと言う知らせが届いた。トゥエインが葬式に出席できないのを残念がっていることを知ったベルは、すぐに、トゥエインの家と葬式が行われる教会を電話で接続しようと申し出た。トゥエインは中々「うん」と言わなかったが、結局、無料だと言うので、繋いで貰う事にした。
Lalu beberapa hari kemudian Twain sakit, dan ketika tidur di tempat tidur, Sanak saudaranya menyampaikan pengumuman bahwa dia sakit. Bell yang tahu tentang hal itu, kecewa bahwa dia tidak dapat menghadiri Upacara kematian Twain, dan iya segera mengirimkan tawaran ajakan menyambungkan telepon pada gereja tempat dilaksanakannya upacara pemakaman dengan rumah Twain. Walaupun gartis, Twain susah untuk mengatakan " Iya", tetapi akhirnya iya memutuskan meminta untuk  dihubungkan.
早速、電話機がトゥエインのベッドのそばに取り付けられ、トゥエインは教会にいる出席者と話す事ができ、電話の便利さを味わった。「電話の料金は払わせて下さい」とトゥエインが申し出ると、レベルは「料金は結構ですから、私にもクリスマスカードを下さい」と答えた。

Dengan segera, Pesawat telepon dipasang di samping tempat tidur Twain, sehingga Twain pun mampu berbicara dengan peserta yang berada di gereja, dan merasakan praktisnya menggunakan telepon. Jika Twain mengirimkan pesan "Saya akan membayar biaya penggunaan telepon", Bell menjawab,"Biaya nya tidak usah di usah dibayar, tapi berikanlah saja kartu ucapan selamat kepada saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar